On

Sudah pada tahu semua kan kartu handphone kita mesti didaftarkan ulang per tanggal 31 Oktober 2017, kalo nggak bisa kena blokir. Kasihan juga bagi mereka yang tidak paham yang beginian tiba-tiba gak bisa nelpon pakai kartu sim nya. Memang sih ada sisi positifnya (bagi pemerintah) agar bisa memata-matai rakyatnya. Bisa aja setiap aktifitas kita diketahui oleh pemerintah dari posisi kita berada saat ini, isi sms dan telpon kita, isi kontak kita, dan lain-lain.

Untuk cara registrasi ulang nya silahkan lihat sendiri di gambar karena saya yakin sudah banyak yang share bahkan dari pihak provider pun sudah menginfokan lewat sms berkali-kali ke nomor kita.

Di sini saya hanya ingin memberikan wawasan kepada anda yang tidak mau aktifitasnya diketahui oleh pemerintah. Dan tentunya banyak alasan kenapa aktifitas kita jangan sampai diketahui oleh pemerintah seperti orang yang banyak duitnya. (bukan masalah terorisme ini)

Satu-satunya jalan adalah mengalihkan komunikasi kita ke chatingan online seperti Telegram, Whatsapp, dan lain sebagainya. Atau jika benar-benar lebih rahasia lagi, gunakan chattingan yang tidak terkenal seperti meebo dan lain-lain, banyak kok di android.

Caranya beli kartu baru, kalo bisa kartu Three aja karena kalo expired masih bisa diganti dan masa aktifnya panjang dan bisa dibeli (di Konter 4G cuma dijual 6rb rupiah untuk 4 bulan masa aktif), beda dengan Telkomsel yang lebih ketat lagi kalo kartu kita mati, gak bisa diganti. Daftarkanlah aplikasi chatting anda dengan nomor tersebut atau jika yang sudah punya tinggal diganti aja nomor hp aplikasi chattingnya. Kemudian ya disimpan baik-baik aja kartunya di rumah atau ditempat yang tidak ingin diketahui. Gunakan aplikasi chatting seperti biasa untuk chat atau telpon, gampangkan?

Tapi kalo anda merasa tidak terlalu masalah dengan kerahasiaan aktifitas mobile anda, ya ikuti saja prosedur yang diminta oleh pemerintah, beres.

Segitu aja tips dari saya semoga membantu